Home » Nasional » Harhubnas 2020, KOP Tanjung Perak Gelar Acara Padat Karya Penghijauan

Harhubnas 2020, KOP Tanjung Perak Gelar Acara Padat Karya Penghijauan

Surabaya, SUKSESI NASIONAL – Dengan tema “Mewujudkan Asa Memajukan Indonesia” di Hari Perhubungan Nasional tahun 2020, Kantor Otoritas Pelabuhan (KOP) Tanjung Perak Surabaya kembali melakukan gebrakan. Bersama seluruh stake holder di Pelabuhan, KOP menggelar acara Padat Karya Penghijauan (22/9/2020) yang melibatkan 220 warga tiga kelurahan, Kelurahan Perak Timur, Kelurahan Perak Barat dan Perak Utara di wilayah Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Berbicara dalam sambutannya Kepala KOP Tanjung Perak menyampaikan kurangnya kawasan hijau tidak hanya berpengaruh terhadap kualitas udara tetapi juga mengarah kepada isu yang lebih besar yaitu pemanasan global (Global Warming) dan perubahan iklim (Climate Change) yang dampaknya sudah dirasakan bersama. Salah satunya adalah sulit diprediksinya pergantian antara musim kemarau dan musim penghujan. Dengan 1 orang menanam 1 pohon tidak hanya ikut mengurangi polusi udara tetapi juga menyelamatkan bumi untuk anak cucu kita kelak.

Semoga dengan kegiatan padat karya bersih lingkungan dan penghijauan di Lingkungan Pelabuhan Tanjung Perak dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional Tahun 2020 dengan tema “Wujudkan Asa Majukan Indonesia” tidak hanya bersifat seremonial belaka. Namun dapat memberikan energi positif bagi kita semua dalam melestarikan lingkungan. Saya juga berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan.

Kepada awak media Kepala KOP Tanjung Perak, Arif Toha menjelaskan bahwa tujuan dari acara ini adalah menciptakan Pelabuhan Tanjung Perak bersih dan ramah lingkungan sehingga orang yang bekerja menjadi rileks.

“Kita melakukan kegiatan Padat Karya yang melibatkan warga sekitar Pelabuhan berperan serta berpartisipasi dalam masa pandemi ini banyak warga yag kesulitan ekonomi. Dengan dilaksanakan acara Padat Karya ini, dapat membantu warga dengan mendapatkan upah dari kegiatan ini”, jelasnya.

Saat ditanya masalah pendanaan untuk kegiatan ini, Arif Toha menambahkan bahwa dana diperoleh dari hasil kolaborasi CSR masing-masing perusahaan secara sukarela. “Kegiatan ini akan kita lakukan secara berkesinambungan”, tandasnya.

Acara Padat Karya Penghijauan yang dilaksanakan di area bundaran taman jalan Prapat kurung ini dihadiri oleh sejumlah pimpinan lembaga di Pelabuhan Tanjung Perak. Hadir dalam acara ini antara lain, Kapolres Tanjung Perak, Distrik Navigasi Kelas I Surabaya, Kepala Syahbandar Utama Tanjung Perak, Direksi PT Pelindo III, Danlantamal serta sejumlah pimpinan para stake holder di lingkungan Pelabuhan Tanjung Perak (dung)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*